Gardu Pandang Merapi Kaliurang

March 16, 2018

Setelah kemarin cerita tentang perjalanan Museum Ullen Sentalu, kali ini mau bahas salah satu objek wisata yang masih ada di kawasan wisata Kaliurang.  Dari judul udah tau kan yeeee, Gardu Pandang Merapi. Tempat ini emang jadi salah satu spot yang bagus buat lihat Gunung Merapi, jaraknya aja cuma sekitar 7-8 km (cmiiw), jadi kalo lagi cerah Gunung Merapinya kliatan banget. 




Kalo dari Ullen Sentalu ke tempat ini jaraknya sekitar 1,4 km (5 menit kalau naik mobil/motor), deket kan ya. Tapi better misal mau liat Merapi, pagi aja jangan siang-siang banget soalnya kalo siang dikit aja Merapinya ketutupan awan/kabut. Jadi ini bisa dijadikan sebagai destinasi pertamamu ke Kaliurang, baru ke tempat lain. Tiket masuk Gardu Pandang Merapi ini murah banget, untuk orang dewasa Rp 2.000,-/orang, sedangkan anak-anak Rp 1.000,-/anak. Kamu ga usah khawatir kalo bawa mobil, parkirnya luas kok, misal laper karena belum sempet sarapan disana juga ada warung buat jajan.







Spot gardu pandang ini ada 2,  spot pertama ada di bagian barat atau gampangnya kalau kamu masuk  area wisata ini langsung ke arah kiri. Tapi spot 1 ini jarang disambangi jadinya sepi, mungkin karena tempatnya yang mojok. Selain itu, viewnya agak ketutupan sama pohon-pohon. Dan...mungkin yang bawa anak kecil, kalo ke spot ini harus ati-ati, karena berbatasan langsung ama jurang. Di deket gardu pandang ada taman bermainnya juga, cocok lah ya buat liburan keluarga. Gelar tiker sama bawa bekal kek ala ala tamasya gitu, mana tempatnya rindang banget. Tapi tetep sih, serem juga karena pinggirnya langsung jurang, orang tua harus ngawasin banget anak-anaknya.


Ada bunkernya juga, jaga-jaga kalau Merapi tiba-tiba erupsi

Setelah bunker, ada jembatannya




Ini gardu pandangnya


Merapi di lihat dari gardu pandang



Kalau udah puas, kamu langsung aja coba liat Merapi di gardu pandang yang disebelah Utara. Di gardu pandang yang sebelah Utara ini lebih bagus viewnya karena Merapinya kelihatan lebih jelas. Selain itu, gardu pandangnya juga lebih tinggi, kayak menara gitu.




Dari menara ini kamu bisa lihat Bukit Turgo sama Merapi berdampingan. Untuk Bianglala, aku gak tau masih dipakai apa enggak, soalnya ga beroperasi. Mungkin masih, tapi hanya di hari libur aja pas pengunjungnya rame.







Selain ada gardu pandang, sama kayak tempat yang sebelumnya, di sini juga ada taman bermain buat anak-anak dan yang jelas lebih safety dibanding sama spot sebelumnya. Selain lebih aman, wahananya lebih banyak.







Gardu Pandang Merapi Kaliurang ini cocok buat kamu yang lagi ngrasain tanggal tua tapi tetep pengen jalan-jalan, tanggal muda juga boleh ding kesini. Selain tiketnya yang murah, dari Kota Jogja ke sini  juga ga jauh-jauh banget kok, sekitar 1 jam. Dengan harga tiket yang murah kamu udah bisa nikmatin view Gunung Merapi yang kece abis dan udara yang super duper seger. :)



Gardu Pandang Merapi Kaliurang
Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
Open daily :
Senin - Minggu
07.00 - 17.00 WIB




You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Sponsor

Subscribe