Ada Apa Aja di Museum Ullen Sentalu?

March 08, 2018

Beberapa waktu lalu akhirnya kesampaian juga ke Ullen Sentalu *Yeaaaaay*. Udah lama penasaran banget ama salah satu museum terbaik di Indonesia ini. Museum Ullen Sentalu ini berisi koleksi The Royal Family-nya Indonesia a.k.a Kerajaan Mataram mulai dari alat musik/gamelan, lukisan, foto-foto pada masanya, batik, surat-surat dan masih banyak lagi. Semua tentang Kerajaan Mataram pokoknya. Aku baru tau kalo Ullen Sentalu itu berupa singkatan, "Ulating blencong sejatine tataraning lumaku” artinya “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Dan entah kenapa aku suka banget sama namanya, Ullen Sentalu, kayak sansekerta banget.

*Kata tour guidenya Blencong itu lampu minyak yang dipake jaman dulu




Aku kesana hari Sabtu sekitar jam 9 pagi, masih sepiiii.....atau emang sepi?? Mungkin emang sepi dan sedikit peminat yang dateng kesini, you know lah di kawasan Kaliurang banyak objek wisata yang menarik, jadi museumnya sepi. Ditambah lagi tempat wisata semacam museum emang kurang minatnya. Gitu awal kesimpulanku.


Harga tiket Februari 2018

Begitu kamu masuk, langsung beli tiket ke museumnya. Biasanya kan habis beli tiket, langsung masuk aja buat liat-liat, yang ini beda. Jadi, habis beli tiket, kamu langsung ke petugas yang ada di depan penjual tiket (gimana njelasinnya ya xD ), nah petugas ini bakal mendata pengunjung museum. Kamu bakal ditanyain asal kamu, berapa jumlah orang/rombonganmu dan rombongan itu atas nama siapa. Nanti dicatat sama petugasnya dan bakal diinfoin kapan tournya dimulai. Sembari nunggu tour di mulai, kamu bakal duduk di ruang tunggu khusus pengunjung, di sini kamu bisa liat sedikit pemandangan museum dan nikamtin suasana museum yang adem banget. Jadi gini gaes, di Museum Ullen Sentalu ini selama keliling museum bakal ditemenin sama tour guide, jadi gak asal jalan sendirian kayak di museum pada umumnya. Tenang aja, tiket masuk udah termasuk sama tour guidenya kok. Waktu itu jumlah rombonganku yang didampingi tour guide sejumlah 9 orang. Nanti kalau udah mau dimulai tour museumnya, nama kamu bakal dipanggil sesuai dengan yang kamu daftarin.




Buat kamu pecinta cekrak cekrek upload, mungkin museum ini kurang cocok buat kamu karena selama tour museum, kamu gak dibolehin ambil gambar dalam bentuk apapapun. Katanya sih biar tetap otentik dan gak ganggu "nyawa" penghuni ruangan itu, little bit creepy ya jadinya. xD  Tapi gak papa, jadinya kamu malah bener-bener fokus lihat koleksi bersejarah milik Kraton, tapi justru disini seninya! Aku udah lama ga ngrasain dimana aku bener-bener nikmatin berkunjung di tempat wisata tanpa harus pegang kamera/HP buat foto-foto. Tenang aja, nanti bakal ada 1 spot di dalam museum yang ngebolehin kamu buat foto-foto kok. Oiya, selain ga boleh ambil gambar, kamu juga gak boleh sentuh koleksi museum. Dilarang! :)

*FYI : Jalan ke tiap-tiap ruangan dibikin kayak ala film Maze Runner *oposihcit* atau belok belok sana sini (mungkin aku nyasar kalau sendirian -___-). Ini filosofinya, kehidupan manusia itu penuh dengan rintangan, ga lurus mulus gitu

Selama tour museum, kamu bakal dijelasin secara detail historinya Keraton, silsilah Keraton yang akhirnya jadi tahu apa bedanya Keraton Solo sama Keraton di Yogyakarta. Ini berasa belajar sejarah, tapi seru banget, apalagi tour guidenya jelasin secara detail, jelas dan enak, kamu gak bakal bosen. Ditambah lagi suasana museumnya yang super duper enak adem ayem tentrem *lah. Eh seriusan, suasanya tuh enak banget, enak buat Yoga, enak buat baca buku, enak buat nge-teh, pokoknya enak banget buat kamu yang suka ketenangan, kayak ada aura magisnya gitu, bener-bener adem.




Nanti, sebelum kamu ke salah satu ruangan terakhir dari tour museum, kamu akan dipersilakan istirahat. Sembari istirahat, kamu bakal disuguhin jamu yang katanya dipercaya bisa bikin awet muda, namanya "Jamu Ratu Mas" yang terdiri dari 7 ramuan rahasia, rasanya gak pait kok, diminum selagi hangat bikin makin naknan~

*FYI : Kamu juga bakal liat arca Ganesha yang perutnya besar, ternyataaa....saking banyaknya ilmu atau saking pinternya Ganesha, otaknya sampai ga muat buat jadi wadah ilmu pengetahuannya, jadilah perut yang dijadikan tempat ilmu pengetahuannya.

Nah, di spot terakhir yang -maafkan aku karena lupa namanya- kamu bakal liat replika relief Candi Borobudur yang miring. Replika ini sengaja dibuat miring sebagai bentuk keprihatinan pemilik museum bahwa orang Jawa sudah mulai lupa sama budaya Jawanya. Kamu boleh lho foto-foto di sini~ :D




Dengan adanya replika relief itu, berakhirlah keliling museumnya. Di pintu keluar itu, kamu bisa mampir dulu ke restonya Ullen Sentalu namanya Restoran Beukenhof. Sayangnya waktu itu aku masih kenyang :( Mungkin someday aku bakal kesana lagi buat nyobain menu di restonya. Kalo kamu pengen beli Batik, disana juga ada lho tokonya. Tokonya di sebelah persis Restoran Beukenhof. Selain itu kamu juga bisa duduk lesehan buat nikmatin udara yang sejuk banget, bisa buat foto-foto juga tentunya.




Restoran Beukenhof















Kalo kamu yang udah pernah kesini, ruang favoritmu yang mana? Aku suka banget sama Ruang Putri Dambaan. Ini ruangan yang dibuat khusus buat Siti Nurul Kusumawardhani, putri tunggal Mangkunegara VII. Ruangan ini juga di sahkan sendiri oleh beliau lho. Disini ada foto-foto beliau waktu masih muda sampai udah sepuh. Masa mudanya cantik bangettttt! T.T Selain itu beliau multi talenta, makanya banyak yang naksir. Bahkan pernah dipinang Presiden Soekarno, tapi ditolak. Ehe~

Oiya, yang awalnya pas aku dateng museumnya sepi banget, begitu keluar dari museum, ternyata udah rame. Mungkin dari mereka milih untuk lihat sunrise di deket area gunung Merapi atau ke Cangkringan dulu kali ya buat Lava Tour, dan ke museumnya agak siangan jadi ramenya sekitar jam 11an siang.

Segitu aja cerita tentang museum Ullen Sentalu-ku. Tempat ini bener-bener rekomen banget buat kamu yang suka tentang history Keraton atau budaya Jawa. Kalaupun gak suka, coba deh kamu mampir ke sini, definitely worth to visit. Kamu bakal jatuh cinta sama museum ini, akupun. :)


Museum Ullen Sentalu
Jl. Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, 
Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Open daily :
Senin Tutup
Selasa-Jumat        08.30–15.00
Sabtu-Minggu 08.30–16.00
Telepon : +62 274 895161
Website : ullensentalu.com


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Sponsor

Subscribe