Wisata Kampung Warna Warni Jodipan Malang (Day 5 - Last Day)

February 12, 2018

Waaa...Jodipan!! These places's my second top list after Bromo lho gaes! Soalnya penasaran banget, karena kampung ini bener-bener lagi hits. Kampung Jodipan yang ada di bantaran Sungai Brantas ini kayak berevolusi gitu, tadinya yang dikenal kumuh berubah drastis jadi kampung yang kece abis. Awalnya tu ada 8 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) jurusan Komunikasi yang lagi dapet tugas Plublic Relation dari dosennya, terciptalah ide keren ini. :D




Kampung wisata Jodipan ini ada 3 pintu masuk  (lihat peta di bawah). dan aku masuk di pintu bagian Utara yakni Pintu 1. 




Nah di Pintu 1 ini kamu bakal masuk di Kampung 3D (Kampung Tridi). Di gapuranya ada tulisan nama jalan dan kampungnya Jl. Temenggungan Ledok , RW 12/RT 1, 2, 3, 4 Kel. Kesatrian. Kalo kamu naik motor, pelan aja ya, ini kayak berasa kamu masuk gang perkampungan, ya emang iya. Nanti kamu bakal disambut gambar 3D dan lorong yang fotoable banget. Kamu langsung bayar di loket ya, tau ga tiketnya murah banget! Per orangnya hanya Rp 3.000,-! Dan, yang paling aku suka adalah..mereka kreatif banget, tiket yang biasanya hanya selembar kertas, di Kampung 3D ini diganti dengan gantungan kunci sebagai tiket masuk. Paperless banget kan yaaa, besides that we also get souvenirs rite? Muehehe~ <3





Gapuranya aja udah warna warni


Jangan lupa bayar di loket




Tapi kalian harus tau, tiket masuk antara Kampung 3D sama Kampung Warna Warni itu beda, gak jadi satu. Jadi gini gaes, Kampung Jodipan itu ada 2 wilayah yang dipisah sama bantaran sungai Brantas, dimana Kampung 3D ini konsepnya sesuai namanya, banyak gambar 3D di rumah kampung warga, sedangkan Kampung Jodipan Warna Warni ini konsepnya mainin warna dan instagramable banget, Kampung 3D juga sih. Nanti kamu bisa lihat bedanya di foto-foto yang aku upload.

Oya, kita kan kesananya habis check out hotel, jadi bawa tas backpack gitu, bawaan juga banyak. Daripada capek jalan muter kampung sambil bawa bawaan yang berat titipin aja gapapa. Kamu bisa titipin ke petugas penjaga loket atau mas-mas penjaga parkirnya. Waktu itu aku titipin ke mas penjaga parkirnya. Insyaallah aman, kalo takut, cukup barang berharganya aja simpan di daypack kamu~ :)

Habis bayar tiket, langsung aja parkir motor, nanti kamu dikasih karcis parkir juga, bayarnya nanti waktu balik. Pas kamu parkir motor, di sebelah kanan udah dikasih pemandangan rumah yang warna warni. Sebelum tempat parkir juga ada kayak "lorong gitu dan ada tempat duduknya.


Rame meriah ya :D




Di tiap rumah banyak gambar 3D dan kamu bisa berfoto-foto ria. Tapi....jangan heran kalo kamu liat ada jemuran di depan rumah, ya kan emang aslinya rumah huni warga. Ehehe.





Area 3D ini lebih banyak disukai anak-anak karena banyak gambar karakter kartun ataupun hewan lucu, walaupun yang gede juga juga gak mau kalah buat foto-foto siiiih~ :D

Di setiap sudut rumah kampung 3D ini bahkan sampe mblusuk sekalipun pasti ada gambar 3D nya, dan tiap sudut bisa dipake foto-foto. Kita asal jalan tau-tau nyampe ke pinggir bantaran sungai Brantas. Disini kamu bisa lihat Kampung Warna Warni dari Kampung 3D.




Itu bukan jembatan, tapi rel Kereta Api :)


Kemarin pas naik Kereta Api dari Jogja ke Malang, bakal lewat kampung ini. Kalo ga sempet main ke Kampung ini kan lumayan, beruntung kalo pagi/siang/sore hari kamu liatnya.

Selain bisa liat Kampung Warna Warni, kamu juga bisa lihat Jembatan Kaca Ngalam Indonesia yang baru diresmikan 9 Okttober 2017 taun kemarin. Jembatan ini sebagai pemisah antara Kampung 3D dengan Kampung Warna Warni Jodipan. Banyak banget yang pada foto-foto di sini, disamping jembatannya yang unik, disini kamu juga bisa berfoto dengan background Kampung Warna Warni ataupun Kampung 3D. Tapi tetep hati-hati ya, dan untuk kapasitas jembatan ini maksimal 50 orang.








Bisa lihat sungai yang ada dibawah





Di ujung jembatan akan ada penjaga loket untuk bayar tiket kalo kamu mau masuk ke Kampung Warna Warni Jodipan, kalo ga mampir ke Kampung Warna Warni ya kamu balik lagi. Harga tiket masuk di Kampung Warna Warni Rp 2.000 / orang. Dan, kalo tanda tiket masuk di Kampung 3D tadi gantungan kunci, Kampung Warna Warni Jodipan tiketnya ini berupa stiker gitu, unik ya.




Kampung Jodipan ini bisa aku bilang adalah...surganya para pecinta selfie, wefie, OOTD, pokoknya yang suka narsis poto-poto ini surga mereka banget. Selain rumah warga yang super duper colorful, banyak pernak pernik hiasan yang kreatif dan bikin gemes! There are so many cute spots and themes! Resiko aku punya temen-temen yang hobi selfie ataupun wefie ya gitu, tiap sudut dipake foto sama mereka saking instagramable banget.




Ada penjelasan step by step project Kampung Jodipan ini, mulai dari pengajuan project yang ditolak sampai sukses




Kalo kamu lupa bawa minum dan haus, tenang aja di rumah warga banyak yang jualan minuman dingin ataupun panas, bahkan warung makan juga ada. Itung-itung sekalian bantu perekonomian mereka kan. :)






Ada Teru Teru Bozu! Pawang hujan khas Jepang


Ada perpustakaan mininya juga lho. Habis baca, dikembaliin ketempatnya yang rapi ya :D


Instagramable banget kan~



Nanti kamu juga bakal ketemu spot yang ada Wayang Kulitnya sama beberapa topeng yang digantung. (((Emangnya hubungan doang yang bisa digantung)))








Sebelum pintu keluar Kampung Warna Warni Jodipan, kamu bakal liat payung-payung yang instagramable juga.




Nanti, setelah kamu keluar, karena parkirnya di Kampung 3D kamu harus jalan kaki sebentar lewat Jembatan Brantas. Tenang aja, ga bakal kerasa capeknya, kamu bisa seluruh view Kampung 3D dan Kampung Warna Warni Jodipan, sama bantaran Sungai Brantasnya yang jelas. It has a damn landscape from here! Kamu bisa cekrak cekrek model landscape ataupun panorama, pasti kece. Selain ituuuu....di seberang jalan sebelah kiri, kamu bakal liat rumah warga yang di cat Biru, sayangnya ga sempet foto karena gak berani nyebrang jalan, padat banget jalannya, ga ada zebra cross juga. Sempet nanya ke mas-mas penjaga parkir, katanya perkampungan warga yang di cat Biru itu ngambil tema Arema, tim sepak bola kebanggaan kota Malang. Waktu itu belum resmi sih, baru di cat gitu, tapi dari jauh udah kece abis sriusan.


Kampung 3D dilihat dari Jembatan Brantas

Kampung Warna Warni Jodipan dilihat dari Sungai Brantas



Parkirnya cuma bayar 2rb



Kampung 3D dan Kampung Warna Warni Jodipan ini salah satu destinasi wisata Malang yang rekomen banget buat kamu datangi, apalagi buat kamu yang suka foto-foto, wajib! It's a must  visit destination gaes. Selain itu harga tiket masuknya juga terjangkau banget. Rugi kalo ke Malang tapi ga mampir kesini. :D


Kampung 3D (Tridi)
Jl. Temenggungan Ledok, Kesatrian, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65121
Jam buka: Setiap hari, 08.00 - 18.00
Telepon: 0859-5448-1973

Kampung Warna Warni Jodipan
Alamat: Gang 1, Jodipan, Blimbing, Kesatrian, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126
Jam buka : Setiap hari, 06.00–18.00
Telepon: 0896-5868-9131

You Might Also Like

1 komentar

  1. Kampung warna warni ini sangat menarik. ada 2 kampung yang dipisahkan oleh sungai.
    Masuk ke kampung-kampung ini dikenakan biaya. Wajar sih ga mahal cuma RP. 3000 perkampung. selain bisa masuk kita juga dapet souvenir gantungan kunci.

    Kampung pertama lebih banyak didominasi rumah warna warni, kampung kedua "Kampung tridi" sangat menarik, walau rumah penduduk saling berdempetan penduduk disana ramah-ramah malah ngarahin gaya dan bantu untuk foto-foto.

    Semoga kampung ini masih terjaga kebersihannya dan keramahan penduduknya.


    Travel Lumajang Malang

    ReplyDelete

Popular Posts

Sponsor

Subscribe