Alun-Alun Tugu Malang - Icon Kota Malang (DAY 5 - Last Day)

February 10, 2018

Di hari ke 5 ini, kita mutusin nglanjutin perbolangan setelah check out dari hotel. Tempat pertama yang kita kunjungi adalah Alun-Alun Tugu Malang. Ga afdhol dong ya, udah sampe Malang tapi gak mampir ke tempat landmarknya kota Malang. Kalo mau kesana pake aja Google Maps, gampang banget dijangkau. Ya iyalah, letaknya aja ada di tengah kota. Tugu Malang ini dikelilingi sama Balai Kota Malang, Hotel Tugu, Kantor DPR Kota Malang, Hotel Tugu, Aula Skodam V Brawijaya, SMA N 4 Kota Malang serta SMA N 1 Kota Malang.

Pas siang kesana kan naik motor, bingung aku tuuu....ga tau dimana harus parkir. Sampe muter tugu 3x saking bingungnya naruh motor dimana. Akhirnya nemu tempat yang bisa dipake buat parkir motor agak ke dalam, teduh ga makan jalan, pas dipinggir jalan, ga tau itu tempat apa, asal parkir pinggir aja yang penting ga ganggu lalu lintas.

Itu hari bener-bener panas banget dan Tugu Malang pun ga ada orang 1 pun. Aku pikir bakal ada tempat teduh buat kalo nongkrong siang-siang kayak di Alun-Alun Merdeka, ternyata enggak. Emang sih ada beberapa tempat duduk, tapi panas. Jadi emang lebih enak kalo ke sini sore atau malem.Tapi sayangnya kalo malem gelap men, lampunya hanya di titik-titik tertentu. Pernah lewat Tugu Malang pas malem, lebih banyak muda mudi yang nongkrong dimari, jadi enggan buat mampir malam itu. Ehehe~




Dari info Ngalam.co ni, Monumen Tugu yang ada di tengah melambangkan pusat untuk kelima penjuru arah. Arah utamanya ke Gedung Bali Kota, kalo 4 arah lainnya wakilin jalan raya yangketemu dititik Tugu ini.

Kalo puncak monumen itu kan bentuknya bambu tajam tuh, itu ngelambangin senjata yang Indonesia pake buat ngusir penjajah pada masa penjajahan, yakni bambu runcing. Kalo rantai melambangkan kalo persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia itu ga bisa dipecahkan oleh penjajah.

Dan tau gak, aku pikir tangga yang ada di tugu itu cuma design biar bagus, ternyata ada maknanya juga. Di tugunya itu ada bintang yang punya 17 pondasi dan 8 tingkat, kalo tangganya berbentuk 4 dan 5 sudut. Jadiii...dari angka itu kalo dikombinasiiin jadi ada maknanya gaes, 17-8-1945. Iya, hari kemerdekaan Indonesia. :D

Selain itu, kalo kamu pas nongkrong disana, bakal liat Tugu Malang yang dikelilingi sama Bunga Teratai warna Merah sama Putih, jadi kalau pas mekar bagus banget. Warna Merah sama Putih Bunga Teratai ini ada maknanya juga gaes, kayak bendera kita, melambangkan keberanian dan kesucian.










Bikin mata seger ya ngliat banyak tanaman warna warni sama bunga gitu. Ga ada salahnya pas kamu ke Malang nongkrong sore unyu di Tugu Malang ini. :)



Alun-Alun Tugu Malang
Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111
Buka : 24 Jam

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Sponsor

Subscribe