Pantai Gunung Kidul

November 29, 2013


Aku bakal share beberapa photo selama mbaen di beberapa pantai di Gunung Kidul. Maap gambar jelek, camera waktu itu ketinggalan, jadi cuma pake HP butut. :(
Mungkin banyak orang taunya Pantai Parangtritis, tapi asalkan kalian tau, pantai di Gunung Kidul lebih keren!

Di GK itu, pantainya lebih bersih, pasirnya putih, airnya kliatan biru dan jernih. Pokoknya kece! Selain itu..pantai di sana juga lebih sepi pengunjung dibandingkan Parangtritis, mungkin karena letaknya yang emang jauh banget, dan tempatnya yang paling pinggir di DIY. Kalo dari pusat kota Jogja ke Parangtritis bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam..sedangkan dari Kota Jogja ke pantai di Gunung Kidul bisa ditempuh kurang lebih 2 jam, dan bisa lebih.
Pantai di Gunung Kidul yang pernah aku datengin Pantai Siung, Sundak, Pok Tunggal, Kukup, Indrayanti dan Pantai Baron. Sebenernya masih banyak banget pantai yang keren abis di Gunung Kidul.

1. Pantai Siung


Aku paling suka pantai ini. Udah 3 kali kesini, 2 diantaranya camping di situ. Campingnya di pinggir pantai lhoh. :)
Untuk tiket masuk per orangnya 5000 rupiah, parkir 2000 rupiah. Yang bikin aku suka karena ni pantai dikelilingi tebing-tebing karang gitu. Bisa lho kalo mau panjat tebing di sana, ada tempat sewa alatnya kok. Kalo mau camping disini, jangan weekend, biar lebih khusyuk nikmatin. Soalnya kalo weekend, banyak juga yang camping.











Di Pantai Siung ini ada beberapa warung makan, tapi aku rekomendasiin makan di warung Bu Eny. Kalo malem tetep buka kok, makanannya enak. Jadi pas taun 2012 aku camping disitu, 1 porsi makan harganya 5000 rupiah, kemarin bulan November 2013, 1 porsinya 6000 rupiah isinya tetep sama, tumis kacang, tumis tempe, sambel + ikan laut. Demi apa ini murah bangetttt! Tiap camping di sana, emang cuma warungnya Bu Eny yang buka di malam hari, kalo biasanya kita liat dalam kondisi seperti itu harga dinaikin, kalo disini mah enggak. Poin plusnya, ketika pesen makanannya, kita disuruh ambil s-e-n-d-i-r-i. Ga bisa bayangin tampang anak kos kalo liat begituan, pasti kalo ambil pada kalap.

Kalo pagi pengen liat pantai, aku saranin buat naik ke tebing, tingginya ga seberapa kok, walaupun pas naik rada capek, tapi itu worth it ama apa yang diliat, karena keren bangettt. Mau mandi?? Silakan, cuman airnya belum agak gede ombaknya pas pagi, tapi rugi juga kalo ga mandi di pantai! :D


Fasilitas kamar mandi juga ada, banyak kok. 1 lagi, kalo misal males ndiriin tenda tapi pengen nginep situ, nyewa tiker aja ga masalah. Soalnya pas malem anginnya ga kenceng kok, pas kemarin gw kesana malah banyak yang ngga ndiriin tenda, cuman modal tiker doang.
2. Pantai Pok Tunggal
Nyampe di atas tebing bakal liat pemandangan laut. Eh selain itu di atas tebing ada yang jualan, ada beberapa warung disana dari pagi sampe sore, tapi mreka biasanya buka disaat weekend atau hari libur sih.


Kalo Pantai Pok Tunggal lebih banyak pengunjung dibanding Pantai Siung. Walaupun pas masuk jalan kecil, jalannya masih dari batu-batu yang bikin badan kita agak rontok karena cuma dikit jalan yang mulus (mungkin sekarang udah diperbaiki). Pantai ini lebih tertata rapi dengan banyaknya payung-payung khas pantai di pinggiran, pantainya juga lebih luas. Yang lebih bikin beda, disana ada jalan menuju bukit. Jadi disana ada jalan untuk naik ke tebing, pas aku kesana sih jalannya masih dari susunan bambu gitu, agak ngeri kalo liat bawah, kepleset dikit bakal jatoh ke batu-batu -,-


Kalian bisa nyewa ni payung buat duduk duduk unyu

Ini jalan menuju tebing buat bisa liat view pantai dari atas, hati2 ya..Tapi mungkin saat ini sudah diperbaiki

Nih...view pantai Pok Tunggal dari atas

Ada pengamannya kok pas di atas tebing..tapi ya pagarnya kek gini

Kalo datengnya di hari biasa bakal sepi kek gini..damaiii.... ;)

Ni jalan menuju Bukit Panjung..hati-hati ya ^^ Semoga segera diperbaiki
Jangan lupa sumbang seikhlasnya..hehe

Letak geografis pantai ini sendiri keren, setelah laut lalu pantai dan beberapa rumah warga, blakangnya ada tebing yang tinggi banget.

3. Pantai Indrayanti dan Sundak
Pantai ini sudah dikelola dengan baik, ditunjukkan dengan banyaknya tempat makan yang harganya lumayan bikin manyun buat mahasiswa. Selain itu juga ada penginapan di sana. Yang jelas ni tempat emang bagus kalo buat liburan keluarga. Kalo pantai-pantai lain harus masuk jalan kecil dulu, yang ini enggak. Ni pantai ada di pinggir jalan. Kalo kamu dari Pok Tunggal trus kesini, tanpa masuk pun udah kliatan pantainya kek apa, cuma modal bayar parkir doang. Nah kalo ga mampir Indrayanti, lurus terus, kalian bakal ketemu sama yang namanya pantai Sundak. Di sini pantainya ga jauh beda ama yang lain, disini juga ada penginapan, bahkan ada penginapan di atas tebing, jadi viewnya keren gitu.

4. Pantai Kukup dan Pantai Baron
Banyak yang bilang Pantai Kukup agak mirip ama Tanah Lot di Bali. Karena ada jembatan sebagai penghubung antara tempat dari darat dengan karang yang agak ke tengah dikit deket laut. Pantainya juga bersih, pasirnya putih dan banyak payung-payung khas pantai. Disana juga banyak yang jual makanan khas pantai sana, misalnya udang goreng, kepiting goreng, kripik rumput laut goreng, banyak.






Untuk Pantai Baron, dunno why....nggak bermaksud nakut-nakutin, tapi ketika aku masuk gerbang, aku ga suka sama aura pantainya, dan itu bikin ga nyaman. Mungkin tiap orang beda ngrasainnya.
Yang unik dari pantai ini adalah, adanya muara. Jadi disana ada aliran sungai yang muncul dari dalem tebing karang yang tinggi, kalian bisa liat aliran sungai ke pantai..Kalian juga bisa cicipin air di pinggir pantai kalo ga penasaran. Aku pernah nyoba dan rasanya emang nggak asin. Bedanya ni pantai dengan pantai yang lain adalah pasirnya. 



Nih sungainya :)



Pasirnya coklat kehitam hitaman dan lembut. Dan aku saranin hati-hati ya, soalnya pantainya itu berupa lumpur, jadi agak berat kalo jalan. Trus beberapa meter kemudian baru ada ombak gede. Dan aku pikir itu udah dalem airnya, aku aja ga brani kesana, cuma di pinggir pantai.

Aku juga udah pernah ke Pantai Sepanjang ama Sundak, masih deket-deket ni pantai, cuman menurut aku pantai yang recommended ya aku bahas barusan. Jadi cuss aja kalo mau main ke pantai mana aja, karena masih banyak banget pantai di Gunung Kidul yang layak didatengin.

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Sponsor

Subscribe